Fakultas Kesehatan Masyarakat merupakan fakultas yang ke-4 didirikan dalam lingkungan Universitas Baiturrahmah. Sampai tahun akademik 2019/ 2020 Program studi ini telah meluluskan sebanyak 1062 Sarjana Kesehatan Masyarakat. Berdasarkan hasil Tracer Study terakhir, sebagian besar alumni Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Baiturrahmah Padang telah bertugas di berbagai instansi pemerintah (puskesmas, rumah sakit, dinas kesehatan kota dan kabupaten) dan swasta (staff pengajar, perusahaan, LSM), BUMN (BPJS Kesehatan), serta proyek pemerintah/ swasta yang tersebar di berbagai daerah. Pada tahun akademik 2019/ 2020 Fakultas Kesehatan Masyarakat membuka program studi baru yaitu Program Studi Admnistrasi Rumah Sakit, ini di desain untuk menyiapkan lulusan yang memiliki kualifikasi menejerial di bidang rumah sakit dengan gelar Sarjana Administrasi Rumah Sakit (S.ARS). Peluang Kerja lulusan Prodi S1 Administrasi Rumah sakit antara lain Rumah Sakit (Pemerintah, Swasta, TNI/ POLRI), Puskesmas, Dinas Kesehatan, Klinik Perusahaan, Klinik Mandiri, BPJS, Industri Obat dan Kesehatan, serta Konsultan Mutu (Rumah sakit, Marketing Manajer, Public Relation).

VISI, MISI, DAN TUJUAN PENDIDIKAN

VISI PROGRAM STUDI KESEHATAN MASYARAKAT
Menjadi Program Studi Kesehatan Masyarakat terkemuka dan unggul ditingkat Regional Sumatera Bagian Tengah serta didukung insan yang berakhlakul karimah tahun 2023

MISI PROGRAM STUDI KESEHATAN MASYARAKAT
Berdasarkan visi yang telah ditetapkan, dirumuskan misi program studi yang harus  digunakan  untuk  pengembangan Tridarma Perguruan Tinggi. Misi tersebut terdiri atas;

  • Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas guna menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan analitis dan praktis dalam ilmu Kesehatan Masyarakat, kajian Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Kesehatan Lingkungan, serta Biostatistika dan Informasi Kesehatan.
  • Menyelenggarakan kegiatan penelitian dosen dan mahasiswa dalam ilmu kesehatan masyarakat, yang dapat berkontribusi dalam memecahkan masalah kesehatan berbasis masyarakat.
  • Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat secara profesional pada aspek promotif dan preventif guna meningkatkan status kesehatan di masyarakat.
  • Mengembangkan kerjasama kelembagaan dengan instansi kesehatan, industri, perguruan tinggi, lembaga swadaya masyarakat guna pengembangan dan peningkatan daya saing lulusan.
  • Mengembangkan budaya akademik bernuansa islami yang dapat mendorong tumbuh dan membudayanya sikap jujur, disiplin, bertanggung jawab, terbuka dan saling menghargai pada semua sivitas akademika.

TUJUAN PENDIDIKAN PRODI KESEHATAN MASYARAKAT
Adapun tujuan pendidikan yang diselenggarakan oleh Program Studi Kesehatan Masyarakat meliputi :

  • Menghasilkan lulusan yang terampil dan profesional di bidang kesehatan masyarakat dengan kualifikasi :
  1. Memiliki kepribadian kebangsaan dan berakhlakul karimah.
  2. Mampu menggunakan prinsip-prinsip dan metode kesehatan masyarakat dalam memecahkan masalah kesehatan di masyarakat dengan cara mengidentifikasi, merumuskan, dan menyusun prioritas masalah kesehatan.
  3. Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi program kesehatan melalui kerjasama dengan masyarakat.
  4. Mampu mendidik kemandirian masyarakat dalam pemeliharaan kesehatan.
  5. Mampu berperan sebagai agen pembaharu (agent of change).
  6. Memiliki jiwa kepemimpinan dalam bidang kesehatan masyarakat.
  • Menghasilkan penelitian bidang kesehatan masyarakat yang berguna bagi pengembangan ilmu kesehatan masyarakat dan kebutuhan masyarakat.
  • Memberikan kontribusi nyata dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang kesehatan masyarakat pada aspek promotif dan preventif.
  • Terjalinnya kerjasama yang produktif dan saling menguntungkan dengan berbagai lembaga/ instansi di bidang kesehatan masyarakat.
  • Terciptanya budaya yang bernuansa islami dalam setiap kegiatan akademik dan non akademik.