Visi

Menjadi Program Studi Kesehatan Masyarakat terkemuka dan unggul ditingkat Regional Sumatera Bagian Tengah serta didukung insan yang berakhlakul karimah tahun 2020.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas guna menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan analitis dan praktis dalam ilmu kesehatan masyarakat kajian Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Kesehatan Lingkungan, serta Biostatistika dan Informasi Kesehatan.
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dosen dan mahasiswa dalam ilmu kesehatan masyarakat, yang dapat berkontribusi dalam memecahkan masalah kesehatan berbasis masyarakat.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat secara profesional pada aspek promotif dan preventif guna meningkatkan status kesehatan di masyarakat.
  4. Mengembangkan kerjasama kelembagaan dengan instansi kesehatan, industri, perguruan tinggi, lembaga swadaya masyarakat guna pengembangan dan peningkatan daya saing lulusan.
  5. Mengembangkan budaya akademik bernuansa islami yang dapat mendorong tumbuh dan membudayanya  sikap jujur, disiplin, bertanggung jawab, terbuka dan saling menghargai pada semua sivitas akademika.

Tujuan

Menghasilkan lulusan yang terampil dan profesional dibidang kesehatan masyarakat dengan kualifikasi :

  1. Memiliki kepribadian kebangsaan dan berakhlakul karimah.
  2. Mampu menggunakan prinsip-prinsip dan metode kesehatan masyarakat dalam memecahkan masalah kesehatan di masyarakat dengan cara mengidentifikasi, merumuskan dan menyusun prioritas masalah kesehatan.
  3. Mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi program kesehatan melalui kerjasama dengan masyarakat.
  4. Mampu mendidik kemandirian masyarakat dalam pemeliharaan kesehatan.
  5. Mampu berperan sebagai agen pembaharu (agent of change).
  6. Memiliki jiwa kepemimpinan dalam bidang kesehatan masyarakat.