1

Pengabdian Dosen FKM-Unbrah di Kenagarian Campago

Fakultas Kesehatan Masyarakat Unbrah kembali melaksanakan salah satu kewajiban dalam Tridharma perguruan tinggi melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Kali ini FKM-Unbrah melaksanakan serangkaian kegiatan pengabdian terpadu melibatkan dosen bersama mahasiswa dengan mengusung tema “Mari Kita Tingkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat melalui Praktik Hidup Bersih dan Sehat”.

Kegiatan yang dilaksanakan hari Minggu tanggal 3 Mei 2015 diikuti sebanyak 12 dosen tetap FKM-Unbrah dan 59 mahasiswa yang dibagi dalam 4 (empat ) kegiatan yaitu :
1) Penyuluhan kesehatan lansia;
2) Lomba senam lansia;
3) Pelatihan kader posyandu dan
4) Pemicuan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

Keempat kegiatan pengabdian ini berlangsung di Kenagarian Campago Kec. V Koto Kampung Dalam Kab. Padang Pariaman, tepatnya berlokasi di Korong Sei. Jelatang. Penyuluhan Kesehatan Lansia dan Lomba senam lansia ditempatkan di SMP N 4 Kenagarian Campago, sedangkan pelatihan kader posyandu di Mushalla yang tidak jauh dari lokasi tersebut.

Dalam sambutannya, Drs. Eka Trio Effandilus, MSi selaku Dekan FKM-Unbrah menyampaikan terima kasih kepada Bapak Walinagari dan jajarannya atas keizinan serta bantuannya sehingga kegiatan ini dapat berlangsung. Lebih lanjut, disampaikan juga bahwa kegiatan ini merupakan agenda tahunan FKM-Unbrah sebagai wujud kepedulian PT berkontribusi dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

pbl

PBL Mahasiswa FKM-Unbrah

Pelaksanaan pengalaman belajar lapangan (PBL) mahasiswa tingkat akhir FKM-Unbrah dari tanggal 6 April -5 Mei 2016 telah berakhir. Kegiatan selama ±5 minggu ini diikuti sebanyak 59 mahasiswa yang ditempatkan pada 12 korong dalam Kenagarian Campago Kec. V Koto Kampung Dalam Kab. Padang Pariaman.

Acara penutupan kegiatan dilakukan secara sederhana dengan menggelar Tabliq Akbar yang disampaikan oleh Dr. Mahyudin Ritonga, MA selaku Ketua Pacasarjana UMSB. Diakhir acara Tabliq Akbar, diserahkan kenang-kenangan oleh wakil mahasiswa kepada bapak Walinagari sebagai wujud terima kasih FKM-Unbrah karena telah mengizinkan & memfasilitasi seluruh kegiatan mahasiswa selama di lokasi.

Dalam sambutannya, Marjohan selaku Walinagari Campago mengucapkan terima kasih atas kehadiran mahasiswa selama ± 5 minggu di nagari ini, dan beliau mewakili masyarakat juga sangat berharap pada Dekan FKM-Unbrah untuk menempatkan kembali mahasiswanya tahun depan karena warga masih sangat membutuhkan bimbingan adik-adik mahasiswa. Selama masa PBL, mahasiswa telah banyak menggelar berbagai kegiatan bersama dengan masyarakat terutama berkaitan dengan upaya peningkatan status kesehatan masyarakat, demikian tuturnya.

Kegiatan intervensi yang telah dilakukan mahasiswa antara lain : 1) Menumbuh kembangkan Posyandu lansia & senam lansia; 2) Penyuluhan & aksi cuci tangan pakai sabun (CTPS) pada anak sekolah dasar; 3) Pemicuan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM); 4) pembuatan lubang sampah dan lainnya.

Kegiatan intervensi ini dilakukan mahasiswa setelah melakukan survei mawas diri (SMD) minggu pertama kegiatan berlangsung. Agar masyarakat lebih mengenal dan merasa masalah tersebut milik mereka, maka hasil survei tersebut dipaparkan mahasiswa saat musyawarah masyarakat negeri (MMK). Tahapan ini dilakukan agar masyarakat mengenal masalah kesehatan yang ada di nagarinya dan merasa ikut bertanggungjawab untuk mencari pemecahan masalah tersebut.

Diakhir sambutannya, Walinagari sekali lagi memberi apresiasi yang tinggi kepada mahasiswa FKM-Unbrah yang telah mampu membaur  bersama masyarakat dalam melakukan berbagai kegiatan inovatif dibidang promotif dan preventif yang menyentuh semua kelompok sasaran terutama masyarakat kurang mampu.

Disisi lain, Lilis salah satu warga yang juga kader Posyandu di Korong Campago secara jujur mengatakan bahwa mahasiswa PBL dari FKM-Unbrah dipandang telah berhasil melaksanakan berbagai kegiatan positif di bidang kesehatan. Awalnya saya pesimis dengan kehadiran mereka, karena pengalaman tahun-tahun lalu, bahwa mahasiswa yang melakukan KKN ataupun PBL kurang bersosialisasi dengan masyarakat sehingga kegiatan yang dibuat kurang direspon oleh masyaraka, tetapi ternyata dugaan saya salah, mahasiswa FKM-Unbrah mampu menjawab kekhawatiran saya, demikian tuturnya (Exa)

ban-pt

BAN-PT: Universitas Swasta Prodi IKM Peringkat B

  • Universitas Indonusa Esa Unggul Jakarta, Ilmu Kesehatan Masyarakat: B-ban-pt-2009
  • Universitas Malahayati, Bandar Lampung, Ilmu Kesehatan Masyarakat: B-ban-pt-2014
  • Universitas Sari Mutiara Indonesia, Medan, Ilmu Kesehatan Masyarakat: B-ban-pt-2014
  • Universitas Muhammadiyah Pontianak-Unmuh, Ilmu Kesehatan Masyarakat: B-ban-pt-2015
  • Universitas Respati Indonesia-Urindo Jakarta, Kesehatan Masyarakat: B-ban-pt-2010
  • Universitas Muhammadiyah Maluku Utara-Ummu, Kesehatan Masyarakat: B-ban-pt-2011
  • Universitas Dian Nuswantoro-Udinus Semarang, Kesehatan Masyarakat: B-ban-pt-2011
  • Universitas Muhammadiyah Semarang-Unimus, Kesehatan Masyarakat: B-ban-pt-2011
  • Universitas Muhammadiyah Jakarta-UMJ, Kesehatan Masyarakat: B-ban-pt-2012
  • Universitas Muhammadiyah Aceh-Unmuha Banda Aceh, Kesehatan Masyarakat: B-ban-pt-2012
  • Universitas Muhammadiyah-Unismuh Palu, Kesehatan Masyarakat: B-ban-pt-2013
  • Universitas Muslim Indonesia-UMI Makassar, Kesehatan Masyarakat: B-ban-pt-2013
  • Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Kesehatan Masyarakat: B-ban-pt-2013
  • Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka-Uhamka Jakarta, Kesehatan Masyarakat: B-ban-pt-2013
  • Universitas Veteran Bangun Nusantara-Univet Bantara Sukoharjo, Kesehatan Masyarakat: B-ban-pt-2013
  • Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh, Kesehatan Masyarakat: B-ban-pt-2014
  • Universitas Respati Yogyakarta, Kesehatan Masyarakat: B-ban-pt-2014
  • Universitas Muhammadiyah Surakarta-UMS, Kesehatan Masyarakat: B-ban-pt-2014
  • Universitas Prima Indonesia Medan-Unprimdn, Kesehatan Masyarakat: B-ban-pt-2014
  • Universitas Muhammadiyah Pare-Pare-Umpar, Kesehatan Masyarakat: B-ban-pt-2014
  • Universitas Baiturrahmah, Padang, Kesehatan Masyarakat: B-ban-pt-2014
  • Universitas Esa Unggul Jakarta, Kesehatan Masyarakat: B-ban-pt-2015
  • Universitas Al Asyariah Mandar-Unasman Polewali, Kesehatan Masyarakat: B-ban-pt-2015

Sumber

munas

BEM FKM-Unbrah Hadiri Munas ISMKMI di Banda Aceh

Dalam kegiatan Musyawarah Nasional XIV Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia (ISMKMI) di Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh, FKM-Unbrah mengirim 2 wakil BEM-FKM untuk ikut berpartisipasi aktif dalam Munas tersebut.

Kegiatan Munas yang berlangsung dari tanggal 20 hingga 25 April 2015 diikuti 43 PT yang memiliki Prodi Kesehatan Masyarakat di seluruh Indonesia. Hari pertama (20 April) diawali dengan kegiatan Seminar Nasional dengan tema “Penataan Kompetensi Sarjana Kesehatan Masyarakat dalam Implementasi MDG’s, dan dilanjutkan dengan Diskusi Nasional tentang “Kepemimpinan Kesehatan Masyarakat di era AFTA/MEA. Untuk tanggal 21 hingga 24 April dilangsunkan Munas yang mengusung tema “Bakti Nyata Kesmas di Penjuru Negeri”. Hari terakhir ditutup  dengan kegiatan  City Tour Banda Aceh Aceh dan Sabang.

Sebagai anggota tetap/penuh ISMKMI, FKM-Unbrah selalu memberi kontribusi positif dalam setiap kegiatan Munas. Kali ini Dekan FKM-Unbrah menugaskan Syovia dan Yongki Alfat selaku ketua BPM dan BEM untuk terlibat penuh dalam Munas XIV di Banda Aceh.

Saat melepas keberangkatan delegasi ke Aceh, Dekan FKM mengharapkan agar keduanya dapat ikut berpartisipasi aktif dalam seluruh rangkaian kegiatan sehingga dapat memetik pengetahuan & pengalaman berharga di level Nasional ini. Denagan harapan pengalaman yang diperoleh dapat dijadikan modal dalam meningkatkan kuantitas & kualitas kegiatan kemahasiswaan baik dibidang penalaran, minat maupun bakat (Exa).

akrefkm2fileminimizer

Prodi S-1 Kesehatan Masyarakat Unbrah Raih Akreditasi”B”

Dengan upaya kerja keras selama ini dan team work yang solid di bawah arahan Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat, Program studi S-1 Kesehatan Masyarakat pada Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Baiturrahmah (FKM-Unbrah) berhasil meraih peringkat Akreditasi “B”. Status akreditasi ini tertuang dalam Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) No. 462/SK/BAN-PT/Akred/S/ XII/2014 tertanggal 7 Desember 2014 yang ditandatangani ketua BAN-PT Prof.Dr. Mansyur Ramly.

Dengan terbitnya keputusan BAN-PT ini, seluruh civitas akademika Fakultas Kesehatan Masyarakat menyambut dengan antusias dan gembira. Keberhasilan ini tentu tidak terlepas dukungan yang diberikan oleh Ketua Yayasan Pendidikan Baiturrahmah, Rektor dan seluruh jajaran di lingkungan Universitas Baiturrahmah Padang.

Akreditasi Program Studi adalah proses penilaian terhadap kualitas prodi, yang merupakan salah satu bentuk tanggung jawab penyelenggara pendidikan tinggi kepada stakeholder yaitu masyarakat pengguna lulusan. Untuk ini pihak akademik FKM-Unbrah akan terus meningkatkan mutu akademik baik di bidang pendidikan & pembelajaran, penelitian dosen dan mahasiswa dan pengabdian kepada masyarakat. Lebih lanjut Dekan FKM, menegaskan, agar mutu yang telah diperoleh dapat dijaga dan ditingkatkan, maka peran Gugus Kendali Mutu FKM-Unbrah harus terus ditingkatkan dalam melakukan monitoring dan evaluasi internal secara periodik guna perbaikan mutu ke depan.

Untuk itu, tidak perlu ada keraguan lagi bagi para lulusan Sarjana Kesehatan Masyarakat Unbrah untuk bersaing di dunia kerja. Demikian juga bagi lulusan SMA sederajat yang akan melanjutkan studinya ke Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Baiturrahmah.

Selamat dan Sukses FKM-Unbrah.